Senin, 01 Februari 2010

pembagian isi


Isi adalah bagaian paling penting di dalam sebuah infografis, pada bagian ini mata pembaca dimanjakan oleh gambar-gambar manarik sehingga akan lebih mudah dalam menangkap pesan baik itu uraian cerita kronologis/rekonstruksi peristiwa maupun data-data yang berupa angka. Infografis adalah bentuk visual thinking yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam media cetak.

Adapun dalam bagian isi, ada beberapa hal penting yang perlu dicermati, yaitu:

A: Point of view
Point of view atau point of interest adalah direction yang akan menuntun mata pembaca menyusuri informasi di dalam isi sebuah infografis. Sebagaimana teori eye fixation, mata cenderung melihat gambar yang paling manarik dulu, baru kemudian perlahan menyusuri gambar lainnya. Adanya Point of view juga seakan memberi ritme naik turun dalam melihat gambar, bayangkan seandainya tidak ada Point of view maka gambar akan terasa datar, begitu juga sebaliknya jika semua gambar dibuat sama menariknya, maka mata akan bingung karena gambar terlihat saling menonjol, berebut perhatian, dan menjadi rumit.

B: Poin skunder
Poin skunder memang tidak mutlak diperlukan (infografis di atas bercerita tentang recall produk Honda tetapi bercerita sedikit tentang Toyota), akan tetapi tanpa adanya poin ini, infografis akan terasa membosankan. Seandainya infografis disamakan dengan sebuah film, maka infografis tanpa poin skunder seperti film yang hanya memiliki satu alur cerita saja. Kamera hanya mengambil gambar sang tokoh dari mulai dia bangun tidur sampai dia tidur lagi, pasti membosankan. Akan terasa berbeda jika ada alur lain di film tersebut sehingga cerita bisa berselang-seling antara satu tokoh dengan tokoh lainnya, dan tokoh lainnya inilah yang kita sebut sebagai poin skunder.