Senin, 01 Februari 2010

struktur infografis


1 Judul
Sebuah infografis jelas berbeda dengan bentuk tulisan biasa sehingga pemilihan judul bisa lebih fleksibel, tidak harus mengambarkan isi, cenderung bermain dengan diksi, provokatif, atau bahkan bisa dijadikan sebagai alat diferensiasi dari media cetak dimana infografis ini dimuat.

2 Pengantar
Sebuah pengantar dibutuhkan untuk mempermudah pembaca menangkap apa yang ingin disampaikan oleh isi dari infografis.

3 Isi
Disinilah tempat desainer bermain, bagaimana dia bisa dengan indah dan tepat menyampaikan informasi baik itu yang berupa rekonstruksi peristiwa maupun data sesuai imajinasinya tanpa meninggalkan fakta-fakta. Bagian ini bisa juga disebut sebagai tempat ajang pamer kreativitas. Meskipun dalam mengolah isi desainer bisa bermain seimajinatif mungkin, tapi ada rambu yang tetap tidak boleh dilanggar dalam pengeksekusian karyanya. hal yang harus dihindari itu adalah sikap berlebihan pada pengarapan obyek pesan, karena pengarapan yang over bisa mendistorsi data dan angka-angka sehingga kehilangan kredibilitasnya.

4 Sumber
Penulisan sumber diperlukan untuk memperkuat kredibilitas dan keilmiahan apa yang disampaikan oleh infografis. Selian itu sebenarnya ada satu lagi, yaitu credit title, yang mencantumkan nama media cetak yang memuat infografis ini serta desainer yang membuatnya (tetapi tak jarang bagian ini dipisah, bahkan tidak dimuat).

Karena bermain di rana kreativitas maka mungkin sekali ada infografis yang di luar standar struktur sebagaimana gambar diatas, asal pesan dan informasi tetap dapat tersampaikan ke pembaca hal tersebut sah-sah saja. Standar struktur infografis yang tertulis di sini berdasar pada infografis Reuters.